cara menambah memori internal android


Banyak orang  yang menjadikan Android sebagai kebutuhan . Mereka seakan-akan tidak bisa bermain handphone walaupun seharian. Sehingga banyak orang yang menjadikan android untuk beberapa kebutuhan seperti bisnis, hiburan dan sosial . Sehingga tidak diherankan jika banyak orang yang menyimpan data di android . Namun android juga memiliki  batas untuk menyimpan data . sehingga Sebagai pengguna kita di haruskan untuk pandai-pandai mengelola data agar android kita tetap maksimal di gunakan .

                                                    

Ada beberapa hal yang akan terjadi jika memori internal android penuh, pembahasannya sebagai berikut :

1. Membuat android lambat loading

Salah satu penyebab android lambat loading atau lemot di akibatkan oleh file yang terlalu banyak di penyimpanan android sehingga android membutuhkan waktu untuk mengelola data tersebut. Dan terlebih lagi jika di android terdapat aplikasi pembersih virus, pembersih sampah. Maka kinerja android akan semakin lambat karena aplikasi tersbut akan melakukan scan ke penyimpangan android yang sangat banyak. Hal ini biasanya membuat android menjadi panas. Namun tidak semua android jika memiliki penyimpangan penuh akan mengalami lamabat loading tergantung dari besar RAM android tersebut.

2. Membuat android tidak dapat menyimpan file baru

Android memiliki batas kapasitas file yang dapat di simpan. Jika penyimpanan andoid sudah penuh maka android tidak dapat menyimpan file lagi dalam bentuk apa pun. Sehingga sekarang banyak persuhaan android yang berlomba-lomba untuk membuat android dengan kapasitas yang besar sehingga dapat memuaskan konsumennya.

3. Tidak dapat membuka galeri

Galeri merupakan tempat penampungan file yang berupa foto atau video. Namun galeri ini tidak selalu bisa di buka. Salah satu faktor yang membuat galeri tidak bisa di buka adalah penyimpangan yang penuh. Sehingga pemilik android tidak dapat melihat foto atau video yang ada di galeri. Namun foto dan video tersebut masih dapat di buka di file manager namun susunannya tidak seperti dengan galeri.

Oleh karenanya kita harus menghemat penyimpanan android agar tetap bagus kinerjanya dan masih dapat menyimpan data yang lebih penting . untuk itu saya akan membagikan cara menambah memori internal android:

1. Gunakan micro SD/kartu memory

Kartu memory sangat bermanfaat untuk di gunakan di android . Salah satunya ialah menambah penyimpanan ponsel . Semakin besar kapasitas kartu memory maka semakin besar pula penambahan yang terjadi di ponsel . Sehingga apabila data di penyimpanan internal ponsel hampir penuh kita dapat memindahkannya ke kartu memory .Namun pilihlah kartu memory yang berkelas karena bisa saja data yang sudah di simpan di kartu memory suatu saat tidak bisa terbaca .

Kartu memory atau memory card memungkinkan beberapa data aplikasi dan game tidak di simpan di penyimpangan android . Hal itu tentu saja akan meningkatkan android untuk menyimpan data aplikais dan game yang lebih banyak. Selain itu memory card juga berfungsi sebagai tempat back up file . Jika android mengalami keruskan maka samua file yang tersimpan di penyimpanan android akan terhapus namun jika file sudah di back upvdi kartu memory maka file tidak hilang karena sudah tersimpan di kartu memory.

2. Pindahkan data aplikasi/game ke SD card

Dengan memindahkan data aplikasi /game ke SD card maka secara otomatis akan mengurangi penyimpanan di android . Sering kali pengguna android memiliki masalah ketika ingin mengunduh game atau aplikasi baru namun penyimpanan android telah penuh. Namun jangan khawatir karena data aplikasi/game tersebut telah di pindahkan ke SD card . Namun tidak semua data aplikasi/game dapat di pindahkan . Biasanya game/aplikasi yang dapat di pindahkan adalah game/aplikasi yang offline. Untuk memindahkan data dapat di lakukan di menu pengaturan lalu aplikasi .

Memindahkan data aplikasi atau game ke kartu memory akan membuat penyimpanan android tidak penuh. Namun untuk memindahkannya jangan secara manual karena tidak semua data aplikasi dan game dapat di pindahkan ke kartu memory . Jika anda memindahkan data aplikasi atau game yang tidak bisa di pindahkan secara otomatis maka aplikasi atau game yang datanya di pindahkan tidak akan bisa di jalankan. Untuk itu pindahkan data aplikasi atau game yang yang tersedia untuk di pindahkan datanya.

3. Hapus cache/sampah aplikasi/game

Cache atau sampah aplikasi merupakan data sampah yang tersimpan di ponsel setelah menghapus game atau aplikasi tersebut . Tentu saja data ini mengambil penyimpanan ponsel padahal data ini sudah tidak di gunakan. Untuk itu lebih baiknya hapuslah data tersebut . Biasanya sampah data tersebut susah untuk didapat . Untuk lebih memudahkan silahkan gunakan aplikasi pembersih sampah karena aplikasi tersebut secara otomatis akan mendeteksi data sampah tersebut .

Namun jika tidak ingin menghapus sampah menggunakan aplikasi pembersih sampah bisa juga di lakukan secara manual yakni dengan mencari file sampah di file manager dan hapuslah file sampah yang ada di penyimpanan android. Dalm menghapus file sampah harus berhati-hati agar tidak salah hapus. Jangan sampai file yang di hapus merupakan file yang masih di gunakan di android.

Selain menghapus sampah file aplikasi atau game pengguna android juga  bisa mneghapus file samaph lainnya untuk mengurangi penyimpanan android. Seperti menghapus data chat di aplikasi chatting dan riwayat mesin pencari. Karena data chat juga tersimpan di penyimpanan android namun hanya saja dalam file aplikasi chattingnya begitu juga riwayat penelusuran.

4. Uninstall aplikasi atau game yang   tidak di gunakan

Untuk menghemat penyimpanan ponsel lebih baiknya untuk uninstall ataupun nonaktifkan aplikasi atau game yang tidak di gunakan . Aplikasi bawaan android tidak dapat untuk di uninstall melainkan untuk menghapus data aplikasi tersebut kita bisa menonaktifkan aplikasi tersebut . Sedangkan aplikasi yang telah di download kita dapat melakukan uninstall sehingga tidak mengambil penyimpanan ponsel dan dengan itu penyimpanan pun menjadi lebih besar .

Dalam menggunakan android harus pandai-pandai memilih aplikasi dan game agar kinerja android tetap baik. Seperti di menginstall aplikasi atau game yang memiliki ukuran yang sangat besar karena ini dapat membuat penyimpanan android menjadi penuh. Olehnya itu uninstallah aplikasi atau game yang tidak memiliki manfaat . Atau  jangan menginstall aplikasi yang hampir sejenis seperti google,uc browser,chrome. Cukup pilihlah salah satu aplikasi tersebut yang mudah di gunakan.

Ketika mendownload aplikasi atau game yang memiliki file RAR atau APK maka setelah menginstall game tersbut harus di hapus file RAR atau APKnya agar tidak mengambil penyimpanan android. Dan setelah melakukan uninstall sebuah aplikasi atau game biasanya masih ada data aplikasi atau game yang tersimpan olehnya itu pengguna android harus menghapus file tersbut.