tips memilih sekolah dasar untuk anak

Tingkatan pendidikan di Indonesia di mulai dari SD,SMP dan SMA. Pemerintah Indonesia telah mewajibkan untuk wajib belajar selam 12 tahun. 6 tahun di tingkat SD, 3 tahun di tingkat SMP dan 3 tahun di tingkat SMA . Setelah tamat SMA sudah bisa untuk mencari pekerjaan dan juga bisa untuk melanjutkan pendidikndi tingkat perkuliahan. Para pelajar akan melalui beberapa taha untuk menuju ke bangku perkuliahan. Untuk duduk di bangku perkuliahan di butuhkan kerja keras.

                         


Sekarang telah banyak sekolah-sekolah yang telah di dirikan pemerintah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. ada beberapa tips memilih sekolah dasar untuk anak agar anak dapat tumbug dan berkembang menjadi anak berprestasi.  Hal tersebut di tujukan agar setiap anak Indonesia dapat bersekolah dengan baik. Sekolah yang di bangun oleh pemerintah ada yang bebentuksekolah agama, seklolah kejuruan, dan sekolah kebakatan . Hal ini dilakukan agar setiap anak dapat mendalami pelajaran yang di sukai

Namum, sering kali kita di buat bingung untuk memilih sekolah sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memilih sekolah agar kelak nantinya tidak menyesal. Berikut ini tips memilih sekolah dasar untuk anak

1. Pertimbangkan jarak sekolah

Hal yang paling penting dalam memilih sekolah adalah jarak sekolah dari rumah. Hal ini harus di pertimbangkan. Jangan memilih sekolah yang jaraknya terlalu jauh dari rumah. Carilah sekolah yang jaraknya tidak begitu jauh dari sehingga mudah untuk pergi sekolah

Jarak sekolah yag terlalu jauh juga akan membuat kita boros. Sehingga membutuhkan kendaraan untuk di gunakan untuk ke sekolah . Hal ini tentu saja menguras banyak uang. Apabila tidak ingin menggunakan kendaraan maka jarak sekolah harus di tempuh dengan berjalan kaki yang tentunya sangat menguras tenaga. Selain itu belum waktu yang perlu di tempuh sekolah. Dan apabila kita lupa membawa sebuah barang maka kita akan kesulitan mengambilnya karena mengingat jarak sekolah yang jauh dari rumah.

Selain itu sekolah yang memiliki jarak yang dekat dengan rumah akan menghimdarkan kita dari aksi-aksi kejahatan dalam perjalanan pulang maupun pergi sekolah. Dan juga akan menghindarkan dari masalah-masalah lainnya seperti memancing untuk ikut tawuran, singgah di tempat yang terlarang, melakukan aksi yang tidak sepatuhnya di lakukan Dan lain-lain.

2. Kelengkapan fasilitas

Carilah sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari ruang kelas, WC, lapangan, laboratorium, perlengkapan praktek, perlengkapan olahraga, Multi media, UKS, ruang organisasi dan masih banyak yang lainnya. Untuk bisa mengembangkan bakat maupun minat , harus di lengkapi dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas sekolah juga akan mendorong para siswa untuk menggunakan fasilitas tersebut sehingga akan menambah wawasan para siswa siswi.

Fasillitas sekolah yang baik harus di gunakan sesuai dengan fungsinya. Jangan memilih sekolah yang memiliki fasilitas namun tidak di gunakan karena adanya beberapa faktor. Padahal fasilitas sekolah sangatlah menunjang kualitas para siswa .

Selain itu kelengkapan fasilitas sebuah sekolah akan sangat menunjang prestasi yang dapat di raih siswa yang bersekolah ti sekolah tersebut. Fasilitas sekolah tentu akan memberikan begitu banyak pengalaman kepada siswa yang bersekolah, sehingga ketika siswa telah tamat dari sekolah tersebut akan menjadi pelajar yang memiliki kulaitas dan dapat bersaing di dunia kerja.


3. Kualitas tenaga pengajar

Salah satu faktor yang dapat membuat siswa berprestasi adalah kualitas tenaga pengajar yang baik. Tenaga pengajar yang memiliki kualitas yang tinggi akan membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran. Dengan membuat suasana belajar yang menarik sehingga para siswa dan siswi tidak bosan untuk belajar. Dengan ini para siswa akan memiliki semangat untuk belajar tanpa di berikan tekanan siswa dengan sendirinya akan termotivasi untuk belajar. Sehingga anak tidak malas untuk belajar

Tenaga pengajar yang memiliki kualitas biasanya orangnya kreatif sehingga dapat memberikan tugas yang membuat semangat belajar sisiwa meningkat.  Sehingga para siswa menjadi berprestasi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan ini kualitas  pendidikan di sekolah tersebut sangatlah baik dan sekolah seperti inilah sangat di harapkan pemerintah agar membentuk siwa dan siswi yang berkarakter dan berjiwa nasional yang tinggi.

Selain itu tenaga pengajar juga harus memiliki karekter yang baik agar dapat menjadi contoh bagi siswanya.  Sehinngga ilmu pengetahuan yang di berikan seimbang dengan karakter yang baik atau akhlak mulia. Maka ketika ingin memilih sekolah carilah taulah kualitas tenaga pengajarnya.

4. Keaktifan oragnisasi sekolah

Salah satu hal yang dapat mengembangkan minat dan bakat siswa organisasi. Di dalam organisasi sisiwa akan terlatih menjadi pelajar yang tangguh, percaya diri, kreatif, inovatif, religius dan bertanggung jawab. Organisasi sekolah memiliki banyak manfaat seperti menambah wawasan, menambah teman, tempat bertukar pikiran, dan masih banyak yang lainnya.

Organisasi sekolah harus di bimbing dengan baik agar siswa yang ada di dalamnya dapat di bentuk menjadi siswa yang berkarakter. Sehingga terjadi keseimbagan antara karakter dengan pengetahuan. Karena jika ilmu tidak di barengi dengan karakter maka siswa tersebut tidak seimbang karena bisa saja ilmu yang di perolehnya di gunakan untuk hal yang salah.

Sebuah organisasi akan membangun karakter siswa sehingga siswa menjadi pelajar yang bisa di andalkan. Olehnya ketika ingin memilih sekolah maka amatilah keaktifan organisasi yang ada di sekolah tersebut .

5. Akreditasi sekolah

Untuk memilih sekolah yang harus di perhatikan juga adalah akreditasi sekolah. Akreditasi sekolah menggambarkan kondisi sekolah. Akreditasi sekolah yang baik adalah akreditasi A atau B . Akreditasi sekolah yang baik juga akan memudahkan para siswa untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnya.

Akreditasi sekolah inilah yang sering di perhtikanorang ketika ingin memasuki sebuah sekolah karena akreditasi ini telah mencakup semua yang ada di sekolah mulai dari kebersihan, kelengkapan fasilitas, kualitas tenaga pengajar, dan keaktifan  organisasi.

Maka dari itu hal yang sangat penting di pertimbingkan untuk memilih sekolah lanjutan adalah akreditasi sekolah.  Carilah sekolah yang mimiliki akreditasi A . Penilaiaan akreditasi di lakukan setiap 5 tahun sekali. Sekolah yang baik biasanya memiliki akreditasi A atau B dengan nilai kisaran 85-100.

6. Perhatikan visi dan Misi

Visi dan misi merupakan tujuan dari sebuah sekolah yang harus di capai dengan beberapa tahapan. Visi dan misi menggambarkan bagaimana sekolah untuk mencapai sebuah tujuan untuk membentuk peserta didik yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional. Visi dan Misi sekolah harus di maknai dengan baik dan menyeluruh agar tidak salah memilih sekolah.

Dengan Visi dan Misi dapat di tentukan sekolah mana yang sesuai dengan keinginan. Jangan sampai salah mimilih sekolah karena tujuan siswa tidak sejalan dengan tujuan sekolah. Olehnya carilah sekola h yang memiliki visi dan misi yang sesuai dengan keinginan dengan memperhatikan beberapa faktor di atas.